Kelainan Hematologi Pada SLE

Kelainan hematologi pada SLE dapat berupa anemia, kadar hemoglobin menurun. Gambaran ini bisa muncul sebagai gejala awal, terkadang anemianya berupa anemia yang refrakter yaitu anemia yang sudah dilakukan transfusi berulang, tetapi tidak memperbaiki kadar hemoglobinnya. Selain anemia gejala lain yang dijumpai yaitu lekopenia atau trombopenia. Gejala lain bisa berupa pansitopenia.

 

Manifestasi lainnya yaitu Anemia Hemolitik Autoimun, ditandai dengan anemia, icterus (mata kuning), hasil comb test (+), kadang disertai trombosit yang menurun. Gejala hematologi pada SLE memang tidak spesifik bila muncul sebagai gejala awal, seringkali tidak diwaspadai sebagai gejala lupus. Bila disertai gejala lainnya misalnya, ginjalnya boco atau parunya terisi air, maka baru gejala ini dipikirkan ke arah gejala SLE.

 

LED (laju endap darah) merupakan petanda inflamasi. Pada SLE aktif didapatkan LED yang meningkat, dan petanda inflamasi lainnya yaitu CRP. Namun CRP pada SLE pada kondisi aktif CRPnya masih dalam batas normal atau sedikit meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *